Tuesday, September 22, 2015

KARTALA EDISI KAMPUNG LEBAKSIUH & DESA CIPANGERAN

(FOTO: Dendy Julius, Andre Irawan, Asep Ikhsan, Dya Iganov, Arief Tdour) 
(Video: Yudi Permana)

Setelah pemasangan instalasi panel surya dan pembuatan taman baca Cahaya di beberapa kampung seperti Palasari, Cisoka, Balekambang, Citoe, Cigumentong, Cimulu, Cijuhung, Cikujang, kali ini tim Kartala fokus pada Kampung Lebaksiuh dan Desa Cipangeran. Secara administratif, Kampung Lebaksiuh berada di Desa Ciptaharja, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dan Desa Cipangeran, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Info mengenai kondisi dan keberadaan Kampung Lebaksiuh pertama kali didapat dari Yudhistira Anggara dari grup motor Bajaj Cimahi yang sekaligus berprofesi sebagai penyuluh pertanian di wilayah kerja Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. 

MEI 2015
Setelah mendapatkan info mengenai kondisi Kampung Lebaksiuh, tim Kartala melakukan survey. Survey kali ini diikuti oleh 5 orang voluntrider (001, Yudi, Yudhistira, Ogie, Sandy). Perjalanan menuju Kampung Lebaksiuh yang sebenarnya tidak terlalu jauh dari jalan utama menuju Bendungan Saguling  memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Lama perjalanan yang dihitung yaitu dari Wanamandala Cengkrong. Kondisi jalan menuju Kampung Lebaksiuh saat survey berubah menjadi lumpur karena masih dalam musim peralihan hujan-kemarau. Jalur menuju Kampung Lebaksiuh berupa single track tanah dan sebagian besar menyusuri gawir di tengah hutan pinus dan perkebunan warga. Untuk video survey Perjalanan Cahaya Kampung Lebaksiuh, silahkan klik di link di bawah:


Hasil survey Perjalanan Cahaya kali ini, ternyata Kampung Lebaksiuh sudah memiliki pembangkit listrik tenaga surya pemberian dari Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, tetapi belum dirasa maksimal dan masih ada beberapa kendala, salah satunya yaitu daya tahannya yang hanya bisa sampai pukul 09.00 malam (sekitar 6 jam pemakaian full). Hasil dari obrolan dan sosialisasi singkat tim Kartala kepada warga Kampung Lebaksiuh (termasuk ketua RW), akhirnya Kampung Lebaksiuh yang semula bukan tujuan utama kegiatan Tim Kartala menjadi salah satu kampung yang akan difokuskan pada beberapa bulan ke depan. Hal ini karena adanya permintaan dari warga Kampung Lebaksiuh yang tertarik untuk memasang instalasi panel surya seperti yang sebelumnya digunakan oleh Tim Kartala di beberapa Perjalanan Cahaya.

13 JUNI 2015
Sesuai permintaan warga Kampung Lebaksiuh, maka Tim Kartala yang terdiri dari 7 orang Voluntrider (001, Suyut, Andre, Asep, Yudi, Mohammad Firmansyah, Nugraha Suryadireja) sepakat untuk melakukan pemasangan instalasi panel surya untuk 3 rumah pada Sabtu, 13 Juni 2015. Pemasangan perdana instalasi panel surya oleh Tim Kartala di Lebaksiuh kali ini ternyata bukan untuk yang terkahir kalinya. Setelah pemasangan instalasi untuk 3 rumah, ternyata ada tambahan permintaan untuk 6 rumah di Kamung Lebaksiuh. Tidak hanya pemasangan panel surya, untuk kegiatan berikutnya, Tim Kartala bermaksud untuk membagikan alat tulis dan buku untuk anak-anak di Kampung Lebaksiuh setingkat SD.

DOK 13 JUNI 2015 

DOK 13 JUNI 2015 

DOK 13 JUNI 2015 

DOK 13 JUNI 2015 

DOK 13 JUNI 2015 

DOK 13 JUNI 2015 

DOK 13 JUNI 2015 


Catatan Perjalanan: (Andre)
https://andrebastard.wordpress.com/2015/06/18/perjalanancahaya-di-lebaksiuh/

1 AGUSTUS 2014
Sesuai permintaan warga Kampung Lebaksiuh, kali ini tim Kartala yang terdiri dari 13 orang voluntrider dari Bandung, Purwakarta, Cikarang, Sumedang, dan Yogyakarta. Kegiatan Kartala kali ini difokuskan pada pemasangan instalasi panel surya di 6 rumah dan pembagian alat tulis bagi anak-anak di Kampung Lebaksiuh setingkat SD sehubungan dengan kembali dimulainya kegiatan belajar mengajar tahun ajaran baru. Kegiatan kali ini cukup membutuhkan banyak tenaga voluntrider karena harus membawa logistik yang cukup banyak serta pembagian tim agar dapat menyelesaikan pemasangan dalam satu hari saja. Kegiatan dimulai sekitar pukul 11.00 dan selesai pukul 14.00 kemudian dilanjutkan dengan pembagian buku dan alat tulis. Kegiatan pemasangan panel surya dan pembagian buku selesai pada pukul 16.00. Hasil dari kegiatan kali ini yaitu adanya permintaan tambahan pemasangan instalasi panel surya untuk Wanamandala Cengkrong (camping ground) yang lokasinya tepat berada di jalur masuk menuju Kampung Lebaksiuh. 

Catatan Perjalanan: (Asep)
http://www.ikhsan2794.blogspot.co.id/2015/08/blusukan-dalam-ironi-memaknai-arti.html

Catatan Perjalanan: (Dya Iganov)
http://dyaiganov.com/perjalanan-cahaya-lebaksiuh-kampung-dengan-listrik-terbatas-di-sisi-plta-saguling-3/


DOK 1 AGUSTUS 2015 

DOK 1 AGUSTUS 2015 

DOK 1 AGUSTUS 2015 

DOK 1 AGUSTUS 2015 

DOK 1 AGUSTUS 2015 

DOK 1 AGUSTUS 2015 

DOK 1 AGUSTUS 2015 
DOK 1 AGUSTUS 2015 


29 AGUSTUS 2015
Kegiatan tim Kartala kali ini difokuskan pada permintaan pemasangan instalasi panel surya di sebuah Masjid di Kampung Lebaksiuh dan 2 buah instalasi panel surya untuk Wanamandala Cengkorng (50 wp). Pemasangan di Wanamandala yang sekaligus permintaan dari pengelola dimaksudkan sebagai pengetahuan bagi pelajar.pengunjung mengenai energi terbarukan sekaligus sebagai penerangan area wanawisata. Kegiatan lainnya yaitu pembagian sembako bagi warga di Kampung Lebaksiuh yang terdiri dari 38 KK dan alat tulis serta buku bagi anak-anak setingkat SD di Kampung Lebaksiuh. Kegiatan kali ini diikuti oleh 13 orang voluntrider (Mang Dedi, 001, Bambang, Ogie, Arief Tdour, Ahmad Arief Budiman, Galang, Khalifah, Iwan, Dendy, rekan Pak Bambang, Adhi Daksa Ardhianto, Onie) dan juga mendapat bantuan buku dan alat tulis dari CSR PT. Jati Jaya Mandiri. Hasil dari kegiatan ini yaitu adanya perminataan pemasangan instalasi di Desa Cipangeran (yang letaknya bersebelahan denga Kampung Lebaksiuh) yang akan dilaksanakan pada pertengahan September.

DOK 29 AGUSTUS 2015 

DOK 29 AGUSTUS 2015 

DOK 29 AGUSTUS 2015 

DOK 29 AGUSTUS 2015 

DOK 29 AGUSTUS 2015 

DOK 29 AGUSTUS 2015 


19 SEPTEMBER 2015
Kegiatan Kartala kali ini bekerja sama dengan Serdadu Cahaya Jakarta untuk pemasangan instalasi di Desa Cipangeran. Tim Kartala sendiri terdiri dari 7 orng voluntrider (001, Mang Dedi, Aria, Bambang, Riesvan, Aughie, Iwan) dan selebihnya adalah rekan-rekan Arief Tdour dari Serdadu Cahaya Jakarta. Desa Cipangeran secara administratif berada di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Secara akses, lebih mudah jika masuk melalui jalur menuju Kampung Lebaksiuh. Akses lainnya yaitu dengan menyeberangi Waduk Saguling dan melewati jalur single track yang jauh lebih sempit dari yang menuju Kampung Lebaksiuh dan berada di pinggiran gawir. Dalam kegiatan kali ini, Tim Kartala mendapat bantuan sumbangan 1 set panel surya lengkap dan lemari kecil untuk Taman Baca Cahaya dari tim Serdadu Cahaya Jakarta. Sumbangan lainnya yaitu Al-Quran dan Iqra bagi masjid yang berada di Desa Cipangeran. Hasil dari kegiatan lainnya kali ini adalah pembagian kupon daging kurban yang akan dilaksanakan pada 26 September 2015 mendatang. Informasi terakhir yang didapat mengenai ketersediaan energi listik di Kampung Lebaksiuh dan sekitarnya yaitu akan adanya peningkatan kapasitas pembangkit tenaga surya milik pemerintah Kabupaten Bandung Barat di akhir tahun 2015. 

Terkait kegiatan Kartala, meksipun untuk hitungan September ini sudah selesai untuk pemasangan di Kampung Lebaksiuh dan Desa Cipangeran, tetapi masih ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu pembagian daging kurban di Kampung Lebaksiuh dan Desa Cipangeran yang serempak diadakan oleh tim Kartala di Kampung Lebaksiuh, Desa Cipangeran, Kampung Palasari, dan Kampung Cisoka. Pemeliharaan instalasi yang sudah dipasang sebelumnya pun akan tetap dilakukan sesuai dengan umur pemakaian dan juga tidak menutup kemungkinan untuk pemasangan kembali instalasi jika ada permintaan dari warga selama ketersedian pasokan energi listrik dari pemerintah setempat masih belum memadai.















No comments:

Post a Comment